Mengubah format file video dengan SUPER Converter

Anda baru saja mengunduh video dari Youtube. Namun satu masalah kecil timbul. Media player anda ternyata tidak mampu memutar video dengan format flash video (.flv). apa akal?

Masalah ini dapat anda pecahkan dengan dua cara:

1. Mendownload codec yang memungkinkan media player anda mampu memutar video-video dengan format yang kurang ‘lumrah’ pada PC seperti flv, 3gp (standar video ponsel), dsb. Kumpulan codec sapujagat yang patut anda coba adalah K-Lite Mega Codec Pack, atau

2. Meng-convert atau mengubah format video tersebut ke format lain yang kompatibel dengan media player yang anda miliki, misalnya .avi atau .wmv.

Terdapat banyak format audio maupun video yang ‘beredar’ di jagat multimedia, namun tidak satupun yang benar-benar kompatibel untuk semua keperluan. VOB (Video OBject) adalah format video definisi tinggi untuk DVD, namun jelas membuat ponsel mengalami serangan jantung jika diputar di perangkat tersebut. Perangkat portabel semacam ini lebih pas menggunakan format video mungil dengan bitrate rendah seperti 3gp. Situs berbagi video seperti Youtube mengandalkan format .flv (flash video) karena lebih unggul pada aspek streaming. Sementara untuk video yang hanya disimpan dan diputar di PC, terdapat beberapa format sejuta umat seperti avi, real media (.rm), quicktime, dan wmv.

Mengubah format video tidak sesederhana me-rename atau mengganti ekstensi file. Anda membutuhkan perangkat lunak converter. Salah satu tool terbaik yang saya tahu untuk keperluan tersebut adalah eRightsoft SUPER Converter.

SUPER sedikit rumit bagi mereka yang tidak terbiasa. Panel kontrolnya lumayan rumit untuk pemula. Namun di sisi lain kerumitan tersebut justru memberi anda keleluasaan penuh sebagai expert untuk bereksperimen dan menentukan kualitas hasil konversi yang optimal.

eRightsoft SUPER Converter

SUPER Video Converter

Berbeda dengan software converter lain yang cenderung merahasiakan ‘mesin’ dan internal encoder yang digunakan serta membuat pengguna terlihat seperti orang bodoh, SUPER justru menampilkannya secara utuh dan membiarkan user memilih encoder yang akan digunakan: ffmpeg, ffmpeg2theora, MEncoder, atau producer, serta membiarkan pengguna untuk mengaktifkan fitur DirectShow Decode (berpengaruh pada proses konversi ke format .wmv). Anda juga dapat menentukan video scale size, aspect ratio, frame rate (jumlah tampilan frame per detik), bitrate, hingga sampling frequency untuk audio-nya.

Anda dapat mengunduh eRightsoft SUPER di link berikut:

Download SUPER Video Converter

(ukuran file kl. 26,3 MB)

Download K-Lite Mega Codec Pack

Happy converting!!

About these ads

2 Balasan ke Mengubah format file video dengan SUPER Converter

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: