Apa yang Baru Pada Hardy Heron?

Hardy Heron adalah code name untuk LTS terbaru Ubuntu (versi 8.04) yang dirilis pada 24 April 2008, menggantikan LTS sebelumnya, Ubuntu 6.06 Dapper Drake yang mulai di-purnabakti-kan secara bertahap oleh pihak pengembang. Sebagai LTS penerus Dapper Drake, Hardy Heron mendapat perlakuan ‘istimewa’ karena penggunanya akan memperoleh support jangka panjang selama tiga tahun (hingga 2011) untuk edisi desktop, dan lima tahun (hingga 2013) untuk edisi server.

Fitur dan kemampuan baru yang ditambahkan pada Hardy Heron adalah:

Xorg 7.3

Versi terbaru dari Xorg, dilengkapi dengan utilitas untuk pengaturan resolusi layar monitor yang memudahkan pengguna untuk mengatur resolusi, refresh rate, dan rotasi dari layar kedua. Fitur ini berguna antara lain untuk pengguna laptop yang terhubung dengan proyektor LCD atau monitor eksternal.

Linux Kernel 2.6.24

Kernel terbaru yang memiliki fitur Dyntic support untuk prosesor 64 bit, memberi kemampuan power saving bagi laptop atau desktop 64 bit sebagaimana yang telah diterapkan pada komputer 32 bit (pengguna Ubuntu untuk mesin 32-bit barangkali tidak akan merasakan perbedaan yang berarti pada kernel baru ini).

GNOME 2.22

Perbaikan pada X-System GNOME, antara lain pada file manager Nautilus model baru yang menggunakan GVFS sebagai backend. Dengan GNOME 2.22, problem lama Nautilus seperti ketidakmampuan untuk merestore data-data yang telah dihapus pada trash, atau mem-pause dan undo suatu operasi file dapat diatasi, selain juga meningkatkan performance boost banyak operasi secara signifikan.

PolicyKit

PulseAudio

Mozilla Firefox versi 3

Versi terbaru web browser Mozilla Firefox, menggantikan Firefox versi 2 dan derivatifnya.

Transmission

Menggantikan GNOME BitTorrent downloader sebagai aplikasi default untuk BitTorrent client atau transfer file dengan sistem peer to peer.

Vinagre

Aplikasi VNC Client yang baru, menggantikan xvnc4viewer.

Brasero CD Burning

Menggantikan aplikasi Serpentine Audio CD Creator pada Ubuntu versi terdahulu untuk aplikasi burning CD/DVD.

World Clock Applet

Mengintegrasikan fitur intlclock applet, panelnya dapat menampilkan waktu dan kondisi cuaca di beberapa tempat sekaligus.

Inkscape 0.46

Aplikasi open source untuk pengeditan teks dan grafik pada dokumen dengan format PDF (Pocket Document Format).

Virtualization

libvirt dan Virt-manager terintegrasi pada Ubuntu untuk kebutuhan basic management pada virtual machine. Virt manager juga digunakan untuk administrasi guest pada remote server.

ActiveDirectory Integration

iSCSI Support

Firewall

Ubuntu versi terbaru menyertakan ufw (Uncomplicated Firewall), aplikasi host-based firewall yang dapat dikonfiguarsi melalui command line, yang akan memudahkan pengaturan firewall oleh end-user.

Memory Protection

Untuk melindungi sistem dari rootkits dan malicious code lain, sistem pengecekan akses tambahan diterapkan sehingga direktori /dev/mem dan dev/kmem hanya dapat digunakan untuk mengakses device memory.

Aplikasi yang di-compile sebagai Position Independent Executable (PIE) kini ditempatkan pada memori yang lokasinya tidak dapat diperkirakan, sehingga kelemahan sistem akan lebih sulit untuk dieksploitasi oleh orang yang tidak berhak.

WUBI Installer

Untuk pengguna Windows, WUBI (Windows-based UBuntu Installer) merupakan pilihan instalasi yang menarik, yang memungkinkan Ubuntu berjalan sebagai aplikasi di atas windows layaknya aplikasi-aplikasi Windows lain. Dengan Wubi, pengguna Windows dapat menjajal Ubuntu tanpa harus menyediakan partisi hardisk tersendiri. Namun demikian, instalasi Ubuntu secara permanen tetap disarankan. Wubi hanya dimaksudkan sebagai semacam sarana demo atau ujicoba, agar pengguna Windows dapat mencoba Ubuntu selama beberapa hari/minggu sebelum membuat keputusan apakah akan menginstall Ubuntu secara permanen atau tidak.

Ubuntu CD Menu (umenu)

Umenu adalah program launcher untuk melakukan instalasi Ubuntu melalui Windows. Umenu akan berjalan secara otomatis (autorun) saat desktop CD Ubuntu dimasukkan ke dalam drive CD-ROM. Dengan umenu, pengguna dihadapkan pada beberapa pilihan instalasi, baik instalasi dengan Wubi Installer maupun instalasi yang permanen (mengambil tempat/partisi tersendiri pada harddisk). Umenu merupakan perubahan yang sangat signifikan dibanding Ubuntu versi terdahulu, karena pengguna semakin dimudahkan dalam melakukan instalasi Ubuntu.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: