Menyimpan Distribusi Ubuntu pada USB Removable Media

Terkadang muncul masalah saat kita ingin menginstall Ubuntu dan aplikasinya pada komputer yang tidak memiliki drive CD-ROM. Terpaksa upaya gerilya harus dilakukan dengan mencari CD-ROM drive eksternal, atau bahkan men-slave harddisk (melepas harddisk dan memasangnya ke komputer lain untuk diinstall) lengkap dengan sejumlah kerepotan lain yang menyertainya. Masalah semacam itu sedikit banyak terpecahkan berkat kehadiran media penyimpan data berkapasitas besar yang terkoneksi lewat sambungan USB, yang dikenal sebagai USB removable drive.

Kelebihan utama dari removable drive adalah aspek portabilitas alias kemudahan untuk dibawa kemana saja. Sebuah ruang penyimpanan data berkapasitas satu atau dua Gigabytes dapat anda masukkan ke dalam saku atau dikalungkan di leher. Sayangnya, sejauh ini media tersebut lebih banyak didesain untuk menyimpan data-data konvensional/data lepas, bukan untuk menyimpan konfigurasi file sistem.

Pada bagian ini penulis akan membahas cara menyimpan distribusi Ubuntu 8.04 Hardy Heron pada removable media. Sebelumnya anda harus memiliki file ISO Image Ubuntu 8.04 (ubuntu-8.04-desktop-i386.iso) yang dapat didownload di alamat URL http://releases.ubuntu.com/releases/8.04/ubuntu-8.04-desktop-i386.iso.

(Catatan: removable media dalam pembahasan ini tidak terbatas pada media flashdisk, namun meliputi segala jenis media penyimpan data yang terkoneksi ke komputer melalui sambungan USB: pen drive, flash drive, dan sebagainya)

Berikut langkah-langkah untuk menjadikan USB removable drive anda sebagai desktop media Ubuntu 8.04 Hardy Heron:

  1. Jalankan program ub8convert.exe (program kecil tersebut dapat didownload di http://www.pendrivelinux.com/downloads/Ub8convert.exe). Setelah program tersebut dijalankan, akan muncul folder bernama Ubuntu8.
  2. Tempatkan file ISO image Ubuntu 8.04 (ubuntu-8.04-desktop-i386.iso) ke dalam folder Ubuntu8.
  3. Pada folder Ubuntu8, klik file fixu.bat dan ikuti instruksi yang terpampang pada layar
  4. Copy semua file yang terdapat pada folder USB-Ubuntu langsung ke dalam direktori “root” removable drive anda (bukan ke subfolder)
  5. Kini arahkan navigasi menuju root dari removable media anda. Klik file makeboot.exe lalu ikuti instruksi yang tertampil di layar.
  6. Setelah semua proses pembuatan script selesai, restart komputer anda, set BIOS atau boot-menu untuk menjalankan proses boot pertama dari USB devices.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: