Upgrade Gutsy ke Hardy

Bagi pengguna yang telah memiliki sistem operasi Ubuntu versi sebelumnya (7.10 Gutsy Gibbon) terinstall di dalam komputer, proses upgrading ke Ubuntu versi 8.04 Hardy Heron tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Proses upgrading dapat dilakukan secara online (melalui koneksi internet) maupun offline dengan menggunakan alternate CD Ubuntu 8.04.

Upgrading Gutsy ke Hardy secara online (komputer anda harus memiliki akses internet berkecepatan tinggi):

  • Tekan Alt-F2 secara bersamaan. Jendela kecil Run Application akan terbuka. pada kotak yang tersedia ketikkan:

update-manager –devel-release

lalu klik tombol Run. Jendela tool Update Manager akan terbuka.

(Tool Update Manager dapat pula anda akses melalui menu System > Administration > Update Manager).

  • Klik tombol Check untuk mengecek Ubuntu versi terbaru.
  • Akan keluar jendela pesan Software Update yang memberitahukan adanya rilis terbaru Ubuntu 8.04 Hardy Heron . Klik Upgrade
  • Ikuti langkah-langkah berikutnya sesuai instruksi

Catatan: upgrading secara online hanya disarankan bagi pengguna dengan koneksi dan bandwidth internet yang stabil dan sangat melimpah (setidaknya 1 MBps), mengingat besar dan banyaknya file yang harus didownload. Bagi pengguna Ubuntu yang tergolong “fakir bandwidth”, penulis lebih menyarankan alternatif kedua, yakni upgrading dengan alternate CD Ubuntu 8.04 Hardy Heron.

Upgrading dengan CD ROM:

  • Masukkan alternate CD Ubuntu 8.04 Hardy Heron (PERHATIKAN: gunakan alternate CD, BUKAN desktop CD. Keduanya memiliki fungsi yang berlainan. Desktop CD digunakan untuk instalasi Ubuntu, sedangkan alternate CD digunakan untuk proses upgrading sistem versi lama ke versi terbaru).
  • Buka program Run Application (Alt-F2), lalu ketikkan:

gksu “sh /cdrom/cdromupgrade”

Ubuntu akan menjalankan proses fetching file-file sistem yang akan diupgrade dari alternate CD. Jika memiliki koneksi internet yang cukup cepat, anda dapat pula mengaktifkan proses fetching file-file tersebut dari repositori secara online, karena fetching secara online lebih menjamin keberhasilan proses upgrading tersebut (selain memastikan bahwa hasil upgrading anda nantinya akan benar-benar up-to-date, karena aktivitas perbaikan dan updating program di Ubuntu sangat progresif).

Langkah-langkah upgrading berikutnya akan berjalan secara otomatis. Anda hanya perlu mengontrol proses tersebut dan merestart komputer saat proses upgrading selesai.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: