Membuat dokumen PDF dengan Fasilitas Printing – Ubuntu

Fasilitas printing pada Ubuntu tidak hanya berguna untuk mencetak suatu dokumen di atas kertas atau media cetak lain, tetapi dapat pula anda gunakan untuk mengubah/mengkonversi dokumen tersebut menjadi dokumen berformat PDF, sehingga dapat dibuka pada aplikasi PDF viewer seperti Adobe Reader atau xPDF.

Fasilitas ini sangat berguna, misalnya jika anda ingin mengubah halaman web yang sedang anda buka, email, teks, gambar, atau tipe dokumen apapun sepanjang merupakan dokumen yang dapat dicetak (printable document) menjadi file PDF

Dengan virtual printer, cara untuk mengubah suatu dokumen (teks, html, dan sebagainya) menjadi PDF sama dengan cara yang digunakan untuk memprint dokumen tersebut. Bedanya, pada pilihan printer yang akan digunakan, ganti pilihan printer dengan PDF_file_generator.

Untuk mengkonfigurasi PDF_file_generator, cara yang dilakukan tidak berbeda dengan konfigurasi local printer:

  1. masuk menu System > Administration > Printing
  2. Klik New Printer
  3. Pada jendela New Printer yang terbuka , pilih “Print into PDF files” lalu klik Forward
  4. Pada pilihan “Select printer from database” pilih Generic
  5. Isi detail yang diperlukan, lalu klik Apply
  6. Saat proses berhasil, pada jendela Printer Configuration (local printer) akan terlihat sebuah “printer” baru bernama PDF File Generator

(klik pada gambar untuk memperbesar tampilan)

Catatan: Dokumen PDF yang dihasilkan oleh PDF File Generator akan tersimpan pada folder khusus pada direktori user anda, dengan nama folder “PDF”.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: