Download Video di Youtube

Youtube dan kebanyakan situs video streaming lain tidak menyediakan perangkat khusus untuk mendownload video koleksi mereka. Mereka umumnya hanya menyediakan link permanen video tersebut beserta script yang dapat digunakan untuk ‘menempelkan’ (embed) video tersebut di halaman situs web/blog anda.

URL Video Youtube

Namun begitu, sejumlah layanan pihak ketiga (third party) yang memiliki kreatifitas telah mengembangkan metode untuk mengunduh (download) video dengan mengeksploitasi link yang disediakan layanan video sharing tersebut. Artikel ini tidak membahas bagaimana cara mereka melakukan hal tersebut, namun bagaimana anda dapat memanfaatkan hasil kerja mereka untuk mengunduh video-video favorit anda di Youtube, Dailymotion, Google Video, dan sebagainya.

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan layanan pengunduhan berbasis website seperti KeepVid. Saat membuka website KeepVid, anda akan menemukan sebuah textbox memanjang. Copy dan paste URL video yang ingin anda download ke textbox tersebut. Setelah itu pada dropdown menu di sebelahnya, tentukan nama situs video tersebut berasal (Youtube, Dailymotion, Metacafe, dsb), lalu klik tombol download. Tunggu beberapa saat.

KeepVid

Setelah beberapa saat, KeepVid akan meng-generate dua buah tombol download: satu untuk video berformat flv (flash video), dan satu lagi berformat mp4 (memiliki resolusi yang lebih tinggi namun ukuran file lebih besar). Klik salah satu tombol tersebut sesuai format yang anda inginkan.

KeepVid Generate download button

Setelah file terdownload, ubah nama file (rename) dari get_video menjadi nama_video.flv (jika anda mendownload flv) atau nama_video.mp4 (jika anda mengunduh video mp4). Jangan lupa, anda membutuhkan player yang dapat memutar flash video (flv). Jika belum memilikinya, anda dapat mencoba K-Lite Mega Codec yang bisa anda download gratis di sini.

Cara kedua mengunduh video di Youtube adalah menggunakan tool download manager. Di sini saya menggunakan Free Download Manager. Anda juga dapat mengunduhnya secara gratis di sini. Di blog ini saya memang hanya menawarkan barang gratisan namun legal.

Jika FDM telah terinstal, jalankan program tersebut. Klik tombol (+) untuk mengunduh. Jendela “Add Download” akan muncul. Masukkan URL video yang hendak anda unduh lalu klik OK.

Free Download Manager

Selain kedua cara di atas, banyak cara lain yang dapat anda gunakan, antara lain memanfaatkan temporary internet files pada browser Internet Explorer, atau website layanan unduhan video lain selain KeepVid dan download manager lain selain selain FDM.

Salam,

2 Balasan ke Download Video di Youtube

  1. BABAN mengatakan:

    setelah download selesai apa yang mesti saya lakukan apabila saya download youtube pada program free download manager supaya formatan flv dapat saya ubah ke foramatan yang lain mohon berikan tata caranya yang rinci

  2. Hermanu mengatakan:

    FDM sudah memiliki fasilitas untuk mengubah/convert flv ke format lain seperti wmv, avi, dsb. Caranya tunggu hingga download video selesai, lalu pd jendela FDM klik tab “media preview/convert” (pd bagian bawah), klik “convert”. Pilih output/format yg anda inginkan (avi, wmv, mp4 dsb) lalu klik OK. Kalo mau tool converting video yg lebih lengkap sila baca posting saya yg lain dg judul “mengubah format file video dg SUPER Converter”, di situ saya sertakan jg link download softwarenya. Gratis kok. Tapi emg agak besar ukuran filenya (26 MB). Good Luck

%d blogger menyukai ini: