Membuat Dokumen PDF dengan Fasilitas Printing pada Windows

Pada posting terdahulu saya menulis tentang cara membuat dokumen PDF dari dokumen kerja lain (MS Word, Excel, Powerpoint HTML, Image, dsb) dengan mekanisme virtual printer pada Ubuntu. Kali ini saya menulis hal yang sama, namun pada Windows. Untuk keperluan tersebut anda hanya memerlukan sebuah software bantu bernama doPDF yang dapat anda unduh secara gratis di sini.

Prosedurnya sama sekali tidak rumit bin kompleks. Install doPDF pada sistem windows anda. Bedanya, setelah doPDF terinstall, anda tidak akan melihat tampilan grafis (GUI) berupa jendela aplikasi/windows di layar komputer layaknya software lain. Tidak terlihat apa-apa. Namanya juga virtual. Anda baru dapat melihat keberadaan doPDF dengan melihat list printer yang terinstal pada Control Panel (Control Panel > Printer and Other Hardware > Printer and Faxes).

doPDF virtual printer

Coba anda klik kanan pada icon printer doPDF, pilih ‘Properties’ lalu klik tab About, maka akan keluar identitas doPDF:

doPDF properties

Ya, doPDF ‘berlagak’ seolah-olah dirinya printer baru yang terpasang pada PC mendampingi printer lama anda. Untuk menggunakannya sebagai pengubah dokumen biasa menjadi PDF, lakukan prosedur sederhana layaknya akan mencetak dokumen tersebut, namun pada pilihan printer, alihkan ke doPDF lalu klik OK/Print.

doPDF memiliki kemampuan yang cukup baik untuk melakukan rendering dokumen atau naskah, sepanjang dokumen atau naskah tersebut yang tidak memiliki layout yang kelewat kompleks atau tipologi yang rumit. Pada kasus semacam itu, kadang terjadi penumpukan huruf atau bahkan dokumen PDF yang dihasilkan sedikit acak-acakan. Namun secara umum hasilnya tidak mengecewakan. Selama ini saya biasa menggunakan doPDF untuk membuat koleksi referensi Wikipedia atau mem-PDF-kan etext dari Project Gutenberg yang masih berupa file teks mentah (format *.txt). Perpustakaan digital dalam memori harddisk.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: