Proxy Anonymous, Jalan Tikus Tembus Pemblokiran Situs

Anda tentu masih ingat momen hangat beberapa waktu silam tatkala negara (baca: pemerintah via Depkominfo) memerintahkan pemblokiran akses ke beberapa situs yang mengusung konten bermuatan SARA (film Fitna). Alasan pemblokiran tersebut baik, mengurangi potensi kerawanan sosial dalam negeri. Namun menjadi tidak produktif dan bahkan sangat merugikan tatkala pemblokiran tersebut dilakukan secara membabi-buta. Bayangkan ketika keseluruhan jalur akses ke Youtube diblokir saat heboh film Fitna. Hanya karena seonggok tai kucing buatan Geert Wilder yang berdurasi beberapa menit tersebut, pengguna Youtube kehilangan akses atas jutaan materi audio-visual yang berharga untuk keperluan pendidikan, bisnis, referensi, dan hiburan publik. Crap.

Namun syukurlah upaya pemblokiran tersebut telah diakhiri. Tips ini sebetulnya sedikit terlambat dan tidak tepat momentum, namun saya share juga untuk mengantispasi seandainya pola pemberangusan terhadap situs-situs penting namun kurang disukai penguasa kembali terulang. Setidaknya anda sudah mengetahui ‘jalan tikus’ untuk menyelinap.

Dalam suatu jaringan komputer, proxy server adalah sebuah server (baik berupa sistem komputer maupun perangkat lunak) yang melayani request dari client dengan meneruskan request tersebut ke server lain. Urutan proses kerjanya adalah: client terhubung ke proxy dan merequest sejumlah layanan seperti file, halaman web, atau materi lain, yang berada di server lain > proxy menghubungkan permintaan client ke server penyedia data tersebut. Seringkali proxy tidak perlu menghubungi server yang dimaksud karena dia telah menyimpan salinan (cache) data yang sama yang telah diminta client sebelumnya.

Kemampuan proxy server melakukan “cache” merupakan cara yang efektif untuk menekan penggunaan bandwidth dan menyajikan layanan secepat mungkin ke client. Logikanya, buat apa berulang-ulang mengajukan request ke server penyedia (dan menghabiskan sumberdaya) jika materi yang diminta tersebut dapat disimpan sementara untuk antisipasi sewaktu-waktu ada client lain yang membutuhkan?

Terdapat banyak tipe proxy, antara lain caching proxy server (yang baru kita bahas), web proxy, content filtering web proxy, intercepting proxy server, dan anonymizing proxy server. Pada posting ini kita hanya berfokus pada tipe proxy yang terakhir.

Beragam situs layanan anonymous proxy tersebar di internet. Anda bisa mencoba situs seperti Youhide, Hide My Ass!, Zend2, atau googling dengan kata kunci “proxy anonymous”. Cara menggunakannya cukup dengan mengetikkan URL situs yang diblokir ke kotak yang tersedia, lalu klik OK/Yes/Go/Enter. Anonymous proxy tersebut akan mengantar anda ke halaman situs terblokir yang anda inginkan.

Pemblokiran dapat ditembus karena status surfing anda anonim, alias unique address komputer anda (IP address) tersembunyi oleh proxy tersebut sehingga pihak lain/komputer lain di luar proxy tak dapat mengidentifikasi pergerakan surfing anda – CMIIW. Anonymous proxy dapat pula anda gunakan untuk membuka situs luar negeri yang dengan sengaja menolak pengakses dari Indonesia karena alasan tertentu, atau bahkan menembus bloking situs yang dilakukan admin jaringan komputer di kantor/kampus anda. Kecuali sang admin lebih lihai dari pengelola proxy tersebut tentunya.

Yang jelas JANGAN PERNAH menggunakan anonymous proxy untuk tujuan berikut:

  • Melakukan transaksi elektronik (internet banking, e-commerce, atau transaksi apapun yang menggunakan secure layer/https). Identitas, username, dan password anda akan dapat dicuri oleh pihak ketiga dan berisiko disalahgunakan untuk hal yang tidak semestinya.
  • Mengakali Google AdSense. Jangan beranggapan dengan menggunakan anonymous proxy, Google tidak dapat mengendus bokong anda sehingga anda bebas mengklik iklan AdSense yang terdapat di halaman web anda sendiri. Coba saja lakukan. Dalam hitungan menit account anda akan diblok oleh Google😉

Selamat ber-happy anonym!

Disclaimer: proxy anonim, sebagaimana kebanyakan teknologi lainnya, bersifat netral. Namun penggunaannya baik untuk tujuan positif maupun negatif sepenuhnya tanggung jawab individu ybs. Be wise with your freedom

Hide My Ass!

3 Balasan ke Proxy Anonymous, Jalan Tikus Tembus Pemblokiran Situs

  1. Adhoy mengatakan:

    Makasih infonya.. kalo diblok sama kantor mesti lewat mana yah…

  2. Aulia mengatakan:

    ada yang lebih baru lagi gak mas?

  3. suryana annex mengatakan:

    iya tuch tapi ada yang lebih keren lagi ga cara tembus server proxynya….!!!!

%d blogger menyukai ini: