Menginstall Paket File Tunggal (non native) pada Ubuntu

Koleksi program yang tersedia pada repositories (repo) Ubuntu sebenarnya sangat melimpah dan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan aplikasi kerja sehari-hari. Namun terkadang kita membutuhkan program dengan fungsi yang sangat spesifik, yang tidak (atau belum) tersedia pada repo. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mengunduh program tersebut dari sumber lain selain sumber resmi Ubuntu (pastikan terlebih dahulu kalau vendor software tersebut dapat dipercaya, karena Ubuntu tidak akan memberikan jaminan (security update) atas program-program yang tidak berasal dari repo mereka).

Berikut beberapa metode standar untuk menginstall paket file tunggal yang bukan berasal dari repositori Ubuntu (bukan aplikasi native Ubuntu), yang meliputi file distribusi Debian (.deb), file distribusi Redhat (.rpm), file-file tarballs (.tar, .tgz, .tar.gz) , dan paket file (.run).

Menginstall/uninstal file .deb

File dengan ekstensi .deb adalah file distribusi Linux Debian. Ubuntu merupakan turunan dari Debian, sehingga paket file .deb secara otomatis berasosiasi pula dengan Ubuntu.

Untuk menginstall paket file .deb, anda tinggal mengklik dua kali (double click) pada file tersebut. Cara lain adalah dengan menggunakan Terminal (Application > Accessories > Terminal). Pada terminal ketikkan perintah:

sudo dpkg -i nama_file.deb

Untuk meng-uninstall file program .deb, buka Add/Remove Application atau Synaptic, lalu deselect file tersebut. Jika dilakukan melalui terminal, ketikkan:

sudo dpkg -r nama_program

Oya, akan lebih mudah menginstal file .deb jika anda memiliki aplikasi GDebi. Tidak perlu lagi mengetikkan perintah manual pada terminal, karena anda tinggal menjalankan GDebi untuk menginstallnya. Contoh aplikasi dengan file master program berupa Debian adalah Opera Web Browser versi Linux.

Mengubah file .rpm menjadi .deb

File dengan ekstensi .rpm adalah file distribusi Redhat. Anda sebaiknya tidak menginstall paket file .rpm pada Ubuntu, karena bukan merupakan native file Ubuntu. Namun apabila benar-benar dibutuhkan dan tidak ada alternatif lain, anda dapat menginstallnya asal terlebih dahulu diubah menjadi file .deb. Untuk mengkonversi paket file .rpm menjadi .deb, pada Terminal ketikkan perintah berikut:

sudo alien nama_file.rpm

Setelah file .rpm berhasil dikonversi menjadi .deb, anda dapat menginstallnya sebagaimana prosedur menginstall file .deb biasa.

Menginstall file tarballs

Tarball adalah istilah untuk file program berekstensi .tar, .tgz, .tar.gz, dan tar.bz2. File-file semacam ini digunakan secara luas pada sistem operasi Linux dan UNIX.

Untuk menginstall Tarball diperlukan dua tahap kerja. Tahap pertama adalah mengekstrak/decompress file tersebut. Pada terminal ketikkan perintah berikut:

sudo xfvz nama_tarballs

Atau cara yang lebih sederhana, klik kanan file tersebut dan klik Extract. Setelah berhasil diekstraksi, baca dengan cermat petunjuk selanjutnya mengenai prosedur instalasi yang disertakan dalam paket file tersebut, biasanya dalam file README atau INSTALL.

Menginstall paket file .run

Beberapa program, misalnya program permainan (games) dikemas dalam paket file .run. Paket file .run terdiri atas dua bagian, yakni file program inti, dan satu file kecil untuk menginstall program tersebut. Untuk menginstall paket program .run, ikuti prosedur berikut:

  1. Cari file .run dengan menggunakan file browser
  2. Klik kanan pada file tersebut lalu pilih “Properties
  3. Pada tab Permission beri tanda cek pada pilihan “allow executing file as program” lalu klik tombol close
  4. Dobel klik pada file .run tersebut hingga keluar sebuah kotak dialog
  5. Klik run in terminal” untuk menjalankan program installer
  6. Jendela Terminal akan terbuka. Ikuti instruksi selanjutnya yang diberikan oleh installer pada layar Terminal

——————————————————————————

Catatan: Umumnya membutuhkan waktu sedikit lama bagi installer untuk menampilkan instruksi lewat terminal. Hal ini normal karena program installer terlebih dahulu akan ‘mengurai’ (extracting) semua file yang terdapat pada .run sebelum siap untuk dijalankan.

——————————————————————————

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: