Membuat meta description dan meta keyword per posting pada Blogger (seri artikel SEO)

Well, apa pula ini?

Anda mungkin pernah mendengar istilah SEO (Search Engine Optimization).  SEO adalah sekumpulan metode untuk membuat sebuah situs web terindeks secara lebih baik pada indeks mesin pencari, sedemikian rupa sehingga situs tersebut berpeluang untuk muncul pada urutan pertama (atau setidaknya halaman pertama) hasil pencarian untuk katakunci tertentu.

Bagi sebuah situs web, SEO menjadi sangat vital karena berkorelasi langsung dengan jumlah traffic kunjungan yang bakal diraih situs tersebut. Internet ibarat hutan belantara berisi jutaan situs web kompetitor. Bayangkan jika anda punya sebuah situs jual-beli komputer, misalnya, tetapi situs anda tenggelam pada urutan ke sekian ribu atau sekian juta dari hasil pencarian Google untuk semua katakunci yang berhubungan dengan komputer. Siapa yang akan menemukan situs anda?

Salah satu elemen internal situs web yang digunakan oleh mesin pencari sebagai pedoman untuk menentukan konten sebuah situs adalah deskripsi halaman. Deskripsi berfungsi sebagai kalimat promosi (teaser) atau ringkasan isi halaman web sebelum pengunjung membaca konten anda lebih lanjut. Deskripsi yang ringkas, padat, dan tersusun dengan baik akan menarik minat pengunjung, selain memudahkan mesin pencari melakukan pengurutan indeks mereka. Dengan demikian deskripsi merupakan faktor penting dalam metode SEO.

Jika anda pengguna layanan Blogger, pada bagian setting terdapat kolom teks tempat menuliskan deskripsi ringkas tentang blog anda. Namun kolom ini hanya dapat digunakan untuk membuat sebuah deskripsi yang umum. Sebuah deskripsi umum untuk situs atau blog yang berisi banyak posting artikel terbukti kurang efektif untuk menaikan peringkat situs anda. Anda perlu membuat deskripsi dan keyword untuk masing-masing posting tersebut agar hasil upaya SEO bisa maksimal. Bagaimana caranya? Gunakan meta description dan meta keyword.

Buka akun Blogger anda dan masuklah ke halaman pengeditan HTML (Dashboard >> Layout >> Edit HTML). Cari baris kode berikut:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Tambahkan kode berikut ini tepat di bawahnya (ganti URL-nya dengan URL masing-masing posting blog anda):

<b:if cond='data:blog.url == "http://nama_blog_anda.blogspot.com/"'>
<meta content='Deskripsi artikel posting anda' name='description'/>
<meta content='Daftar katakunci untuk posting anda. Pisahkan masing2 katakunci dengan tanda koma' name='keywords'/> </b:if>

Simpan (save) perubahan yang anda buat, dan bersabarlah menunggu hasilnya. Perubahan baru akan terlihat setelah Google melakukan recrawling dan reindexing halaman anda (biasanya pada setiap akhir bulan).

Anda tidak harus membuat meta description dan meta keyword untuk semua posting. Cukup pada posting-posting yang anda anggap penting saja (walau membuat untuk semuanya juga tidak masalah).

Sekian dan salam,

Update:

Sorry, trik yang ini kayaknya udah kagak jalan lagi. Don’t try this. Trik membuat meta description per posting yang lebih praktis bisa sampeyan baca di blog saya yang lain di sini:

http://hermanu.blogspot.com/2009/01/how-to-make-per-post-meta-description.html

4 Balasan ke Membuat meta description dan meta keyword per posting pada Blogger (seri artikel SEO)

  1. Mario mengatakan:

    agak susah juga yah di blogspot. apalagi kalo punya content ratusan halaman

  2. Hermanu mengatakan:

    Yupe. Untuk urusan SEO memang fasilitas WordPress yang terbaik. Dari deskripsi per post, keyword, pemberian tag alt pada gambar yg diupload, hingga mengetahui jumlah dan sumber inbound link yang mengarah ke situs kita, semua tersedia via cpanel/dashboardnya. Tapi yg saya suka dari Blogger tuh keluwesannya buat dikutak-katik semau kita via kode sumber-nya.

  3. inmyhand mengatakan:

    page ranknya maen kali euyy… PR 11 pecah rekornya google.

    koeakoweakookwaokwaeok

  4. dodoy2007 mengatakan:

    Ulasannya cukup bermanfaat untuk newbie seperti saya ini

%d blogger menyukai ini: