Menginstall Firefox 3 Versi Final di Ubuntu 8.04

Salah satu aplikasi bawaan Ubuntu 8.04 “Hardy Heron” adalah Web browser Mozilla Firefox 3 beta 5. Kemunculan Hardy memang mendahului peluncuran Firefox 3 versi final, sehingga yang mereka bundel juga masih aplikasi dalam tahap beta alias uji coba. Konsekuensinya, masih banyak cacat program (bug) yang belum diperbaiki. Saya tidak tahu apakah desktop CD Ubuntu 8.04 yang terbaru telah dilengkapi dengan Web Browser Firefox 3 versi final atau belum. Namun buat anda pengguna Ubuntu 8.04 yang masih menggunakan Firefox versi beta, berikut saya berikan langkah-langkah melakukan instalasi versi finalnya. Moga-moga informasi dari posting ini belum terlalu terlambat🙂

  • Unduh file “mentah” alias master file aplikasi Firefox 3 untuk Linux dari situs web Mozilla. Nama filenya adalah firefox-3.0.tar.bz2. Letakkan file tersebut pada sebarang direktori.
  • Buka program konsol Terminal (Application >> Accessories >> Terminal)
  • Ketikkan:

cd ~

tar xjf firefox-*.tar.bz2

akan keluar jendela Software License Agreement dari Mozilla seperti ini

Software LIcense Agreement Firefox 3

Software LIcense Agreement Firefox 3

  • Pilih “I accept the term of the License Agreement” lalu klik OK. Tunggu beberapa saat. Jika tidak ada masalah, Firefox telah terinstall di Ubuntu anda.
  • Selanjutnya, setiap kali akan menjalankannya, pada terminal ketikkan perintah:

~/firefox/firefox

Atau buat saja sebuah shortcut (pada Ubuntu disebut launcher atau peluncur) pada desktop sehingga anda tidak harus repot-repot selalu mengetikkannya.

Sekian dan salam

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: