Menginstall Google Earth di Ubuntu

Google Earth adalah aplikasi 3D globe dan GIS (Geographical Information System – Sistem Informasi Geografi) yang sangat impresif. Dengan aplikasi besutan Google ini, kita dapat menjelajahi seluruh daratan yang terpetakan di setiap sudut bumi layaknya agen CIA yang tengah mengintai target operasi militer melalui citra satelit. Detil masing-masing tempat yang disajikan memang bervariasi, namun secara umum mampu menampilkan obyek-obyek vital berukuran kecil seperti rumah dan mobil, bahkan manusia yang tengah berlalu-lalang (dalam bentuk citra statis tentunya).

Google Earth dapat berjalan pada beberapa sistem operasi, meliputi Windows (2000, XP, Vista), Mac, dan Linux. Artikel ini hanya akan membahas langkah-langkah instalasi Google Earth pada Ubuntu Linux.

Sebelum menginstall, anda tentunya harus mendapatkan terlebih dahulu perangkat lunak Google Earth. Untuk mengunduhnya secara gratis, buka halaman web Google Earth di http://earth.google.com/download-earth.html. Unduh versi Linux dari perangkat lunak Google Earth tersebut, yang memiliki nama file GoogleEarthLinux.bin. Jika anda browsing melalui Ubuntu atau distro Linux lain, halaman Google Earth secara otomatis akan mengenali sistem Linux yang anda gunakan sehingga anda tidak harus memilih versi Linux dari program tersebut secara manual.

Setelah terunduh, tempatkan file GoogleEarthLinux.bin pada direktori tertentu. Pada tutorial ini untuk mudahnya saya menggunakan direktori Desktop.

Buka program Terminal (Application > Accessories > Terminal).

Berpindahlah dari Home Directory anda ke direktori tempat anda menyimpan file GoogleEarthLinux.bin (yakni direktori Desktop) dengan mengetikkan:

cd ~/desktop

Ubah permission pada installer sehingga anda dapat menjalankan file program tersebut, dengan mengetikkan:

chmod +x GoogleEarthLinux.bin

Langkah terakhir, jalankan installer Google Earth dengan mengetikkan:

sudo ./GoogleEarthLinux.bin

Installer Google Earth akan menjalankan aksinya seperti terlihat pada Terminal. Tunggu beberapa saat. Selanjutnya akan keluar tampilan jendela Google Earth Setup seperti ini:

Klik tombol “Begin Install

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Kini anda memiliki Google Earth di Ubuntu anda! Untuk menjalankannya, tinggal klik Application > Internet > Google Earth:

(Catatan: koneksi internet anda mesti broadband jika ingin menjalankan Google Earth secara optimal. Perhatikan pula spesifikasi PC anda, apakah mampu mendukung penggunaan Google Earth atau tidak).

Mudah kan?

Berikut beberapa citra hasil tangkapan layar (screenshots) dengan Google Earth (klik pada gambar untuk melihat ukuran penuh):

Masjidil Haram, Mekkah

Masjidil Haram, Mekkah

Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall, Jakarta

Lumpurnya Oemar bakrie

Lumpurnya Bos Oemar Bakrie, Porong, Sidoarjo

Satu Balasan ke Menginstall Google Earth di Ubuntu

  1. Udin mengatakan:

    Gambar diatas tentang lumpur lapindo, itu bukan lumpur Oemar Bakrie. Tapi LIMBAH OEMAR BURIZAL BAKRIE he he he …..

%d blogger menyukai ini: